Ubuntu 12.10 vs Windows 8

Open Source VS Berbayar ,mungkin itu nama lain buat judul posting diatas.

Ya..siapa yang tidak tahu Ubuntu?Linux? atau bahkan Microsoft dengan Windows nya?.Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, nah bagian itulah yang coba saya angkat pada postingan kali ini.

Akan saya mulai dengan sejarah awal  rilisnya Ubuntu 12.10 dahulu ya..

Ubuntu 12.10 akhirnya resmi diluncurkan pada 18 Oktober 2012 dan bisa langsung diunduh melalui situs resminya.
Yang menarik, tampilan awal situs Ubuntu terdapat kata-kata yang bisa dibilang agak provakatif yaitu "Avoid the pain of Windows 8".Atau dengan terjemahan bahasa indonesia kurang lebih artinya : "Hindari rasa sakit Windows 8" Terlihat dan menurut saya cenderung black campaign sepertinya ya.., tapi mungkin itu strategi marketing pemasaran dari pihak ubuntu sendiri.
Secara tidak langsung mereka ingin mengarahkan konsumen yang kecewa akan UI windows 8 ke ubuntu 12.10

Ubuntu 12.10 yang menggunakan code name Quantal Quetzal merupakan rilis ke-17 dari sistem operasi Ubuntu yang akan mendapatkan dukungan selama 2 tahun ke depan hingga April 2014. Dukungan ini berlaku bagi versi desktop maupun server.Untuk versi ini pihak ubuntu tidak menghadirkan versi live CD nya.Hal ini dikarenakan kapasitas terkecil untuk versi desktop saja berukuran melebihi ukuran maksimal dari sebuah keping CD yaitu 753MB.

Kelebihan dan beberapa fitur Ubuntu 12.10 yaitu :

  • Gratis! ya...sudah pasti! Hal ini sangat mendukung kampanye anti bajakan di Indonesia.Disamping sudah adanya Undang-undang tentang UU HAK CIPTA No. 19 2002 sejak 29 Juli 2003. Ancaman hukumannya adalah kurungan penjara paling lama lima tahun dan/ atau denda paling banyak 500 juta rupiah. Walau begitu, software ilegal bisa didapatkan dengan mudah di mal-mal. Namun bila anda terkena razia aparat keamanan sebagai pemakai software bajakan, sudah siapkah anda membayar sejumlah denda dan meringkuk di dalam penjara ?
  • Hilangnya Unity 2D – Ubuntu meningkatkan kompatibilitas Unity 3D yaitu Unity shell 6.8.0 dan dapat dijalankan pada kartu grafis jadul sehingga tetap dapat menikmati sajian animasi 3D tanpa terlalu mengorbankan sisi kinerja.Hal ini berarti menambah sisi kompatibilitas terhadap hardware-hardware lawas (tidak membutuhkan spek yang tinggi untuk menjalankan versi ini)
  • Integrasi Cloud Computing – kini anda dapat memaksimalkan layanan seperti Google Mail, Yahoo Financial, dan banyak lagi langsung dari desktop.
  • Isinya sangat lengkap,sudah terdapat banyak aplikasi untuk Office, pengolah grafis dan aplikasi lainnya yang sangat bermanfaat dan terdapat di dalamnya.
  • Lebih cepat dan keamanannya lebih terjamin dari serangan virus dan malware dibandingkan OS Windows. Bila anda sangat pening dengan banyaknya virus yang terus tumbuh menyerang dan celah lubang keamanan yang rentan pada Windows. Tidak demikian halnya dengan ubuntu. Jumlah virus relatip jauh lebih sedikit dan keamanan lebih terjamin.
  • Dan lain-lain
Windows 8

Microsoft resmi merilis sistem operasi terbarunya, Windows 8, Jumat (26/10/2012). Pengembang aplikasi (developer) menyambut hangat kedatangannya, yang diyakini membawa angin segar dalam hal pengembangan maupun bisnis. Kelebihan dan kekurangan apa saja yang ada di Windows 8? Sistem operasi besutan Microsoft ini hadir dalam tiga versi, yakni Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows 8 RT.

Kelebihan Windows 8 :
  • Kelebihan windows 8 bisa booting lebih cepat.Menurut penelitian yang dilakukan, windows 8 memiliki kemampuan untuk booting lebih cepat, dalam demonya ia hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat yaitu hanya detik. merupakan kemampuan yang digandrungi oleh mereka yang pecinta kecepatan. Namun sepertinya ini dipengaruhi oleh hardware juga. Jika hardware tidak sesuai dengan aturan spesifikasi minimal, tentu saja akan lebih lama.Mungkin ini dibanding dengan Windows 7 bagaimana jika dibanding dengan Ubuntu 12.10?
  • Cocok dengan Semua Software. Semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.
  • Spesifikasi hardware yang rendah (bahkan bisa untuk tablet). Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.
  • Memiliki tampilan yang segar. Metro UI Windows 8 atau Win 8 memiliki menu yang disusun rapi dengan desain ini. Akses ke jejaring sosial juga bisa langsung dilakukan di layar awal.Di sisi lain Metro UI juga banyak dicemooh dan dicela oleh mereka yang belum terbiasa atau menganggap hal ini terlalu merepotkan di sisi penggunaanya.Disamping oleh karen hilangnya tombol START dan CLOSE (X).
  • Dioptimalisasi untuk layar sentuh. Windows 7 memang support layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.
  • Dan lain-lain
Kesimpulan

Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.Secara garis besar Ubuntu menang dengan Licensinya yang open source dengan kata lain tanpa berbayar alias gratis.
Hal ini akan sangat terasa pada perbandingan berikut ini :

  • Sekedar ilustrasi : Disebuah toko online yang cukup terkenal, harga MS Windows 7 Ultimate Rp. 2.099.000,- ,MS Windows Server Standar 2008 R2 64 bit Rp. 11.860.000,- ,MS Office Home & Bussiness 2010 Rp. 1.699.000,-. Bila perusahaan tersebut memiliki 100 komputer dan 2 Server yang terpisah maka biaya yang harus dikeluarkan hanya untuk perangkat softwarenya adalah ( Rp. 11.860.000,- x2 ) + ( Rp. 2.099.000,-x98) + (Rp. 1.699.000×98) = Rp. 395.924.000,- , hampir 4 milyar rupiah !. Belum lagi bila perusahaan tersebut memerlukan perangkat software lainnya, seperti software Pengolah Grafis misalnya CorelDRAW Graphic Suite atau Adobe Creative Suite, Anti Virus, Akuntansi, Server Backup dsb.
  • Bayangkan jika anda memakai sistem berbasis Ubuntu ini, bisa jadi biaya-biaya diatas dapat diminimalisir atau bahkan dihapuskan.
Dan dari sisi Windows, mereka menang oleh karena nama besar dan brand image mereka yang sudah tertanam di user-user awam sekalipun user ini memakai versi bajakannya.
Akan tetapi Windows termasuk kecolongan menurut saya.Kenapa? Karena METRO UI yang mereka pilih di dalam Windows 8 ini.di satu sisi ada yang menganggap hal ini terobosan yang baik, tapi di sisi lain ada user yang menganggap hal ini justru menghilangkan ciri dari Windows sebelumnya yaitu di dalam menu START dan tombol Close.Permasalahan ini dilihat sebagai celah oleh pihak Ubuntu dengan mengeluarkan versi 12.10 nya yang masih memakai UI yang mirip dengan tombol START dan masih memakai tombol Close dalam megakhiri/menutup aplikasi.


                     

¡Compártelo!

Visitor Ku

 

About

Nama : Christoforus kismaradi NPM : 11110585 Seorang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi .Mahasiswa semester 5 yang berusaha selalu menjadi lebih baik :)
Share tips n' trick Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger