Etika Berinternet

Internet, satu hal yang menurut saya memiliki keterbatasan ruang dan waktu.Mungkin kita sering melakukan interaksi dengan orang lain lewat internet contohnya Sosial media, Video call, Chating, atau bahkan Online Shoping.
Mungkin kita tahu atau bahkan tidak tahu secara langsung dengan siapa kita melakukan komunikasi dengan lawan bicara kita?. Terkadang kita hanya tahu lewat foto yang terpampang di foto profilnya atau avatarnya, dan hal inilah yang terkadang membuat sebuah image tentang orang lawan komunikasi kita tersebut, disamping dari asli atau palsunya foto tersebut.
Hal-hal diatas adalah contoh dari dinamika berinternet, tahu kah kita sebagai orang muda yang lebih sering memakai sarana internet dalam berkomunikasi ini juga harus mengutamakan Etika Berinternet.

Dibawah ini yang menurut saya adalah etika-etika ketika kita berinternet:

  • Sosial Media belakangan ini sosial media menjadi trend dalam berinternet ria, sebut saja facebook, twitter, instagram, dan lain-lain.Sadarkah kita terkadang ketika kita mengupdate status, tweet, update foto di instagram atau update tempat-tempat yang sedang kita kunjungi itu terkadang terlalu berlebihan dan terlalu mempublikasi area privasi pada diri kita sendiri?.Bagaimana jika ada orang yang memiliki niat jahat atas dasar informasi atau data-data yang secara tidak langsung kita beberkan sendiri ke orang tersebut.Disinilah diperlukan etika berinternet yang bisa memilah dan memilih mana itu yang layak dipublikasi dan mana yang tidak layak kita publikasi informasinya.
  • Ingatlah Orang.Mungkin ini ada hubunganya dengan kata-kata dari Konfusius: Jangan lakukan apa yang tidak ingin kita diperlakukan oleh orang lain!Kita harus menyadari bahwa di dunia internet kita tidak sendirian. Selain diri kita masih ada orang lain.Kita bukan hanya berhadapan dengan kata-kata, gambar atau video. Karena ada pengguna lain juga yang sedang kita hadapi.Intinya adalah bahwa jangan mentang-mentang kita berada di dunia maya, sehingga berlaku suka-suka dan semena-mana.Kita harus berpikir dengan tindakan kita. Jangan sampai apa yang kita lakukan dapat menyakiti atau merugikan orang lain.
  • Hati-hati terhadap berita yang belum tentu kebenaran dan faktanya.Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter.Sebagai contoh ada berita tentang unsur SARA yang dipublikasi lewat broadcast messenger lebih baik sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
  • Sebisa mungkin menhilangkan unsur-unsur yang menyinggung tentang SARA, karena hal ini sungguh sangat sensitif sifatnya dan dapat memecah belah kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia.
  • Tentang plagiat dan pembajakan.Sering terjadi dalam dunia internet, yaitu copy paste tanpa memberikan sumber.  Seharusnya jika kita copy paste data dari website/blog dari mana seharusnya kita menyantumkan sumber.Atau sebisa mungkin kita menghindari download konten-konten yang berlisensi palsu (bajakan)




¡Compártelo!

Visitor Ku

 

About

Nama : Christoforus kismaradi NPM : 11110585 Seorang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi .Mahasiswa semester 5 yang berusaha selalu menjadi lebih baik :)
Share tips n' trick Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger