Work Breakdown Structure (WBS) pada Penulisan Ilmiah

Saya disini akan mencoba membuat WBS untuk penulisan ilmiah saya...,tetapi sebelumnya saya akan membahas tentang WBS terlebih dahulu...

Definisi WBS (Work Breakdown Structure)
WBS (Work Breakdown Structure) adalah suatu metode berbentuk hierarki untuk mengorganisasikan pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan) dalam suatu proyek.

Manfaat Work Breakdown Structure (WBS) :
1. Mengurangi kompleksitas
2. Fasilitas penjadwalan dan pengendalian
3. Estimasi Biaya (Cost Estimation)
4. Penyusunan anggaran (Cost Budgeting)
5. Perencanaan manajemen Risiko (Risk Management Planning)
6. Identifikasi aktivitas(Activity Definition)

Dalam penanganan proyek disadari WBS merupakan elemen penting, karena memberikan kerangka yang membantu dalam :
1. Penggambaran program sebagai ringkasan dari bagian-bagian yang kecil.
2. Pembuatan perencanaan.
3. Pembuatan network dan perencanaan pengawasan.
4. Pembagian tanggung jawab.
5. Penggunaan WBS ini memungkinkan bagian-bagian proyek terdefinisi dengan jelas.



Struktur umum di dalam WBS (Work Breakdown Structure)
Klik untuk memperbesar gambar


Dari struktur umum tersebut, saya akan mencoba menerapkannya untuk membuat WBS penulisan ilmiah saya tentang "PEMBUATAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ARTOOLKIT"

kemudian didapatkan hasil WBS berdasarkan penlisan ilmiah yang saya buat
Work Breakdown Structure (WBS) pada Penulisan Ilmiah saya
Klik untuk memperbesar gambar


Berdasarkan gambar yang saya telah buat di atas, yang dijadikan project adalah PEMBUATAN BUKU CERITA ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ARTOOLKIT dan ditempatkan pada level 1. Dimana di level 1 ini menjelaskan project apa yang akan kita rancang atau sebagai judul dari sebuah perancangan.

Sedangkan di level 2 terdapat 3 komponen yaitu : Service, Hardware dan Software


  • Service (Pelayanan) menjelaskan bentuk pelayanan apa saja yang diberikan dari proyek yang dibuat. Dari pelayanan ini customer/user mendapatkan pengalaman baru  yang menarik  dalam membaca Buku Cerita Berbasis Augmented Reality dibandingkan Buku Cerita konvensional.
  • Hardware menjelaskan Perangkat keras apa saja yang digunakan dalam pembuatan Buku Cerita anak ini. Disini saya menggunakan laptop dengan spesifikasi yang tergolong biasa saja dalam membuat proyek ini. Spesifikasi yang saya gunakan disini juga dapat menjadi acuan atau standar dalam pemilihan hardware untuk menjalankan proyek ini.
  • Dibagian software menjelaskan Perangkat lunak apa saja yang digunakan dalam pembuatan Buku Cerita anak ini. Software ini juga harus didukung oleh kemampuan hardware yang digunakkan.

Ya...sekian sharing saya tentang pembuatan Work Breakdown Structure (WBS) pada Penulisan Ilmiah yang saya buat.


THX





¡Compártelo!

Visitor Ku

 

About

Nama : Christoforus kismaradi NPM : 11110585 Seorang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi .Mahasiswa semester 5 yang berusaha selalu menjadi lebih baik :)
Share tips n' trick Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger