Korea utara vs Korea Selatan




Perang Korea yang terjadi saat ini antara Korea Utara dan Korea Selatan tidak terlepas dari sejarah masa lalu Perang Korea yang terjadi beberapa dekade yang lalu. Perang Korea di mulai pada 25 Juni 1950.

Perang ini sebenarnya terjadi akibat adanya intervensi Amerika Serikat dan negara-negara lain sehingga Perang Korea ini sebenarnya bukan bersumber dari masalah Korea Utara dan Korea Selatan sendiri melainkan karena pada saat itu terjadi peperangan antara Amerika Serikat beserta sekutunya melawan negara komunis Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet.

Pada saat itu Korea Utara bergabung dengan Republik Rakyat Cina dan Uni Soviet sedangkan Korea Selatan memihak Amerika Serikat dan sekutunya yaitu Kanada, Australia dan Britania Raya. Hingga saat ini, awal terjadinya Perang Korea ini masih membingungkan karena tidak pernah diketahui penyebab sebenarnya hingga kenapa terjadi Perang Korea. Berbeda dengan perang Vietnam dan Perang Dunia II yang penyebabnya diketahui dengan jelas.



Pelajaran yang Dipetik dari Perang Korea

1. Pelajaran dari Perang Korea - Saling Menghargai Perbedaan Ideologi
Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari terjadinya Perang Korea ini. Dalam suatu wilayah kesatuan yang pada awalnya memiliki satu pemerintahan yaitu Kekaisaran Korea, jika terjadi pemisahan wilayah yang mengakibatkan terbentuknya Korea Utara dan Korea Selatan. Maka akan dapat dipastikan bahwa Perang Korea akan sangat sulit untuk dihentikan.

Ditambah lagi dengan terbentuknya ideologi yang berbeda. Bisa dibayangkan apa jadinya bangsa Indonesia jika pulau Kalimantan dan pulau Sulawesi, misalnya dipisahkan oleh ideologi yang berbeda. Perang saudara akan sangat mudah terjadi sama seperti halnya Perang Korea ini. Saling menghargai ideologi akan menjauhkan kita dari perang saudara.

2. Pelajaran dari Perang Korea - Kembali pada Kesamaan
Kebudayaan yang sama harusnya dapat membuat negara berkembang lebih cepat dan menghasilkan kebudayaan-kebudayaan baru yang mendunia. Sayangnya Korea tidak belajar dari hal ini tetapi malah memilih untuk terus terlibat dalam Perang Korea yang diakibatkan oleh intervensi negara lain.

3. Pelajaran dari Perang Korea - Penyatuan Ideologi
Pentingnya penyatuan ideologi yang menjadi landasan terbentuknya suatu negara untuk menghindari perang saudara seperti yang terjadi pada Perang Korea ini juga diperlukan. Memang tidak dapat disalahkan, ketika ideologi terbentuk maka ideologi itu pula yang akan menjadi dasar dalam pemerintahan suatu negara.

4. Pelajaran dari Perang Korea - Peka Terhadap Intervensi Negara Lain
Intervensi negara lain di dalam negara Korea Utara dan Korea Selatan membuat kedua belah pihak ini terus terlibat dalam Perang Korea. Untung saja, sejak masa perjuangan kemerdekaan dahulu, Bangsa Indonesia sudah mencegah intervensi bangsa asing untuk ikut campur tangan dalam pemerintahan negara Indonesia, sehingga perang saudara seperti pada Perang Korea itu tidak terjadi di negara Indonesia ini.

Sejarah akan tetap menjadi sejarah. Tidak ada satu manusia pun yang dapat mengubah sejarah yang sudah terjadi. Begitu pula sejarah Perang Korea ini tidak akan mungkin bisa diubah, namun masih bisa diperbaiki sehingga Perang Korea ini tidak akan pernah terjadi lagi.

¡Compártelo!

Visitor Ku

 

About

Nama : Christoforus kismaradi NPM : 11110585 Seorang mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi .Mahasiswa semester 5 yang berusaha selalu menjadi lebih baik :)
Share tips n' trick Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger